5 Tips Merawat HP dengan Fingerprint di Layar Agar Tidak Error

5 Tips Merawat HP dengan Fingerprint di Layar Agar Tidak Error post thumbnail image

Kehadiran fitur fingerprint pada smartphone memang memudahkan akses dan meningkatkan keamanannya. Teknologi ini tidak hanya bisa dinikmati HP kelas atas, tapi juga banyak disematkan di kelas menengah. Namun, penggunaan yang tidak tepat justru bisa menurunkan performa fingerprint hingga akhirnya rusak, lho. Tentu Anda menginginkan HP dengan fingerprint di layar terus berfungsi. Agar tetap awet, berikut tips merawat fitur fingerprint pada smartphone dengan baik.

Hindari Menggunakannya Saat Hujan

Beberapa smartphone telah dibekali dengan fitur tahan air, salah satunya Samsung Galaxy A33 yang bersertifikasi IP67. Smartphone satu ini mampu bertahan di air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit dan tahan debu. Meski begitu, Anda harus tetap menghindari smartphone dari cipratan air karena bisa berpengaruh ke performa sensor fingerprint.

Biasanya, ketika hujan sensor akan kesulitan untuk membaca sidik jari. Hal ini bisa diakibatkan karena jari yang berminyak lalu terkena air sehingga menutup sidik jari. Atau ketika jari terlalu lama terkena air hujan, bisa menyebabkan keriput sehingga sidik jari sulit dibaca dengan benar oleh sensor.

Gunakan Hanya untuk Memindai Sidik Jari

Sesuai dengan namanya, sensor fingerprint bekerja dengan memindai sidik jari. Namun, tetap saja masih ada beberapa orang yang penasaran dan menggunakan sensor untuk memindai bagian kulit lain. Anda wajib tau, ternyata sensor fingerprint rentan mengalami kerusakan jika penggunaannya tidak benar. Jika kebiasaan buruk ini masih sering dilakukan, sensor fingerprint dikhawatirkan akan mengalami malfungsi atau bisa jadi tidak dapat digunakan kembali.

Daftarkan Beberapa Jari Saja

Cara lain untuk merawat hp dengan fingerprint di layar yaitu dengan membatasi akses dari jumlah sidik jari. Disarankan agar pengguna mendaftarkan maksimal dua sidik jari saja. Jika semakin banyak data sidik jari yang didaftarkan, namun yang digunakan hanya satu atau dua saja, maka sensor akan menyimpan data yang tidak penting.

Jauhkan dari Goresan Benda Tajam

Tips selanjutnya yaitu hindari menggoreskan smartphone dengan benda tajam, terutama ke panel sensor fingerprint. Sensor fingerprint sengaja dirancang khusus untuk mengenali pola khas pada sidik jari. Jika permukaanya mengalami goresan, kemungkinan besar fingerprint bisa error sehingga tidak berfungsi kembali. Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk servicenya saja. Sebaiknya, pilih smartphone yang memiliki Gorilla Glass 5 seperti dari Samsung Galaxy A33. Fitur satu ini akan membuat smartphone lebih kuat dan mampu meminimalisir terjadinya goresan di layar akibat benda tajam.

Rajin Membersihkannya

Faktor kebersihan juga mempengaruhi cara kerja sensor fingerprint. Sebab, tanpa kita sadari jari tangan membawa banyak kotoran serta minyak. Agar kepekaannya tetap terjaga, rajin-rajinlah membersihkan panel sensor dengan kain bersih atau halus. Hindari penggunaan kain pakaian karena ini rentan menyebabkan sensor tergores.

Beberapa tips merawat hp dengan fingerprint di layar tadi bisa Anda terapkan jika ingin sensor tetap memindai dengan baik. Agar lebih awet dan tangguh, Anda bisa memilih smartphone bersertifikasi IP67 disertai pelindung Gorilla Glass seperti Samsung Galaxy A33. Lindungi data dengan aman hanya dengan sekali sentuhan. Fingerprint pada Samsung Galaxy A33 ini juga bisa digunakan untuk login ke aplikasi atau website. Privasi pun tetap terlindungi!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post