4 Tips Agar Pembelajaran Mengaji Menyenangkan

4 Tips Agar Pembelajaran Mengaji Menyenangkan post thumbnail image

Pembelajaran mengaji menjadi salah satu hal yang terabaikan oleh beberapa orang. Bahkan banyak anak anak yang saat ini malas untuk mengaji.

Anak malas mengaji dapat terjadi karena beberapa hal yang mempengaruhinya. Salah satunya yaitu karena kegiatan pembelajaran yang monoton dan tidak menarik.

Sebagai guru TPA sudah selayaknya memiliki metode pembelajaran mengaji yang menarik. Tuntutan jaman dan juga pengaruh adanya teknologi semakin menguras pikiran untuk mengikutinya. Agar anak tidak bosan saat mengikuti pembelajaran mengaji, anda selaku guru TPA dapat menyimak info di bawah ini.

Tips agar pembelajaran mengaji menjadi menyenangkan

Gunakan Metode yang Pas

Metode membaca al Qurán atau mengaji terdiri dari banyak sekali metode. Kini banyak sekali metode membaca Al Qurán yang dapat menjadi refrensi para guru TPA, sehingga anak anak tidak bosan. Anda sebagai guru TPA dapat memvariasikan metode membaca al qur’an sesuai dnegan tingkatan anak. Dengan begitu mereka dapat menguasai dan tidak takut ketinggalan.

Selingi Menulis

Pembelajaran mengaji di TPA akan lebih bermakna dan tidak membosankan ketika anda menyelingi dengan kegiatan menulis. Yang dimaksud dengan menulis di sini tentunya menulis tulisan arab atau huruf hijaiyah. Anda dapat meletakkan kegiatan menulis ini pada akhir pekan atau ketika hari sabtu.

Tambahkan Pembelajaran Tajwid

Pembelajaran tajwid akan lebih terasa menyenangkan karena anak anak akan mempelajari ilmu baru. Dimana ilmu tajwid sudah tentu berguna untuk membaca Al Qur’an. Membaca Al Qur’an dengan ilmu tajwid yang benar akan lebih bagus.

Selipkan Kegiatan Edukatif

Pembelajaran mengaji supaya tidak membosankan dan menyenangkan alangkah baiknya jika diberi game edukatif. Game tersebut dapat berupa ice breaking, ataupun game indoor lainnya. Kegiatan ini dapat lebih berkesan apabila berada di akhir kegiatan pembelajaran mengaji.

Uraian mengenai tips agar pembelajaran mengaji menjadi menyenangkan di atas akan menarik simpati anak anak. Sehingga mereka akan rajin mengikuti kegiatan pembelajaran mengaji. Simak info menarik lainnya seputar dunia parenting, agar wawasan anda semakin luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *